Jendelaku Kini…
5 Apr 2012

Jogja berhiaskan Halo Matahari

Author: arsimurti | Filed under: Catatan Harian

Sebagai seorang mahasiswi, tugas sudah menjadi makanan sehari-hari. Semangat perjuangan untuk melakoni peran sebagai makhluk ciptaanNya serta merta mengiringi langkah saya. Di sini saya dengan seorang┬á teman menyempatkan berkunjung ke Prambanan dalam rangka mencari narasumber yang bisa membantu kami dalam mengumpulkan data yang berkaitan dengan “Arsip Keluarga”. Dengan berbekal seadanya layaknya wartawan gadungan, kami siap menempuh salah satu dari sejuta tugas yang dibebankan kepada kami sebagai seorang mahasiswa. Tugas kali ini sebagai salah satu syarat di mana seorang mahasiswa bisa dikatakan “sah” dalam menempuh mid semester yang sedang santer-santernya di blow up (menurut saya).

Selama perjalanan-karena membonceng alias nebeng-saya bisa dengan mudahnya memandangi pemandangan sekitar kota Jogjakarta dan mata saya secara tak sengaja memandang ke arah langit, dan..wow…subhanallah..tampaklah gambar ini..

ada lagi nih..

Nb: gambar acak adut maklum cuma dengan HP ala kadarnya ­čśÇ

Inilah yang disebut Halo Matahari. Apa sih Halo Matahari itu?

Halo, dalam bahasa dan tulisan Latin ß╝ů╬╗¤ë¤é, juga disebut sebagai nimbus atau gloriole. Merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya. Di alam biasanya kita lihat saat bulan purnama atau saat matahari terang di siang hari.

Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi.

Halo adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya Matahari atau Bulan. Fenomena Halo adalah lingkaran seperti pelangi yang mengelilingi matahari. Halo adalah fenomena yang lebih sering terjadi di langit.

Pada umumnya halo melibatkan putaran radius 22° halo dan sundogs (Parhelia). Dalam gambar diatas, menunjukan matahari di kelilingi oleh 22° halo dan dilambungi (sisi) oleh sundogs. Parhelic circle adalah biasan cahaya kristal yang melepasi sundogs dan mengelilinginya. Kadangkala ia melapisi keseluruhan ruang langit dalam latitut yang sama dengan matahari. Pembinaan tangen ketinggian dan rendah (Upper Tangent arc and Lower Tangent arc) menyentuh secara terus dengan 22° halo sama ada di atas atau dibawah matahari. Pembuatan Lengkungan (Circumzenithal arc) akan terjadi di atas kristal tersebut.

Radius 22┬░ gerhana matahari tidak kelihatan. Ia seperti helaian yang berlapis-lapis atau habuk pada permukaan awan cirrus yang nipis. Awan ini sejuk dan mengandung kristal es walaupun pada iklim yang sangat panas.

Gerhana matahari sangat besar, selalu mempunyai diameter yang sama dalam posisinya di langit. Kadang-kadang hanya sebagian saja yang muncul. Semakin kecil cincin cahaya yang terbias muncul mengelilingi matahari atau bulan, dihasilkan oleh corona dari lebih banyak tetesan air daripada dibiaskan oleh kristal es, hal ini bukan berarti menunjukkan bahwa hujan akan turun.

Saat awan cirus hanya merefleksikan dan merefraksikan cahaya matahari, biasanya halo yang terbentuk hanya cincin yang tak berwarna. Namun jika pada sudut yang tepat, bisa terjadi juga dispersi sehingga cincin yang terjadi juga berwarna seperti halnya pelangi. Contoh refraksi yang sederhana adalah saat anda melihat sedotan dalam gelas berisi air terlihat patah, atau permukaan dasar kolam yang terlihat menjadi lebih dekat ke permukaan daripada yang sebenarnya.

Refleksi yang terjadi saat cahaya melewati titik air, es atau kristal yang transparan hanya terjadi pada sudut tertentu saja. Sudut ini ditentukan oleh index refraksi medium tersebut. Contoh sederhana saat kita melihat akuarium pada sudut tertentu kaca akuarium yang tembus pandang tiba-tiba menjadi cermin, memantulkan bayangan isi akuarium.

sumber : http://wahanapress.net (2010/06/12)

oh..ternyata seperti itu..subhanallah beruntung sekali bisa melihat fenomena alam seperti ini, Kamis 5 April 2012 pukul 11.00 wib ­čÖé


Tags:

Facebook comments

Leave a Reply